Tutorial Android Application : Basic Calender View







Halo mas ganteng dan kakak cantik, di suasana sore yang indah ini saya akan membagi dan bercerita tentang bagaimana menambahkan calenderview di Android Project , di sini saya menggunakan library dari seseorang yang sangat baik memposting library nya di github. saya mencoba library itu,meskipun awalnya error tetapi semua bisa diselesaikan, mungkin karena perbedaan versi.

apasih calenderview? calenderview adalah suatu component di android untuk menampilkan tanggal pada waktu tertentu. calenderview yang saya buat,di dapat dari  com.prolificinteractive:material-calendarview:1.4.0.

Langkah Pertama

 -  Buat Project Android Application dengan Nama "CalenderView"

Langkah Kedua 

- Import Library di Gradle Application dengan memasukan  



Langkah Ketiga


- Buat design di activity_main.xml pada folder layout agar tampilan akan seperti gambar paling atas dengan menginput code ini :




Langkah Keempat :

- Buat Code untuk memanggil Calenderview di MainActivity.java :





Langkah kelima :

- Running Applikasi anda sehingga akan muncul activity page berisi Calenderview







Ketika kamu memilih tanggal pada CalenderView , saya memberi event setOnclickListener yang berisi action showing Toast.

Bagaimana apa tutorial ini membantu kamu? untuk bertanya lebih lanjut, silahkan kirim komentar atau contact saya di indahrahma0909@gmail.com. Terima Kasih




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »