Latar Belakang Pembangunan Knowledge Management System Berbasis Web dan Android di PT. XYZ










1.1.            Latar Belakang
        Pada era modern ini, penerapan knowledge management tidak terbatas pada suatu individu yang ingin mempermudah segala aktivitas, tetapi hingga perusahaan yang ingin memperluas area kerja, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk serta dapat bertahan dalam persaingan dunia usaha yang sangat kompetitif. Semua hal tersebut bertumpu kepada bagaimana kegiatan produksi dapat berjalan sesuai dengan sistem operasional dan hasil produk yang diharapkan.
        Terdapat lima faktor yang mempengaruhi kegiatan produksi yaitu tenaga kerja (labor), modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daya informasi (information resources)(Griffin R 2006). Maka, knowledge management salah satu cara efektif untuk meningkatkan kegiatan produksi guna membantu pencapaian target perusahaan.
         Knowledge management merupakan sebuah konsep yang dikembangkan berdasarkan pemahaman tentang proses – proses pengetahuan dan pemanfaatan pengetahuan manusia dalam lingkungan sekitar untuk dijadikan pedoman pengambilan keputusan atau memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, namun dengan sumber daya yang terbatas.
         Teknologi informasi juga mempengaruhi laju perkembangan perusahaan karena membuka kesempatan penyamarataan informasi setiap individu tanpa batasan waktu dan tempat serta membuat perubahan tren sangat cepat, apabila progress perusahaan tidak berbanding lurus dengan pergerakan teknologi informasi,maka perusahaan harus siap mengalami penurunan income dan kalah saing.
         Teknologi Informasi yang banyak diakses oleh karyawan perusahaan adalah web dan android. Web meruoakan kumpulan halaman web yang terhubung dan berisi informasi melalui perangkat keras berbentuk komputer dan laptop, tapi dalam perkembangannya web dapat diakses dari sistem operasi mobile melalui aplikasi yang terhubung dengan web service dan database. Hal ini memberikan keuntungan bagi karyawan yang tidak dapat menghidupkan komputer, akan tetap menerima informasi yang bersifat urgent dan dibutuhkan.
         Oleh karena itu, knowledge management dan teknologi informasi merupakan sebuah jawaban bagi perusahaan untuk selalu berkembang dan bertahan dari persaingan dunia tanpa takut menurunkan kualitas para individu dalam proses penyerapan informasi dan tertinggal dari trend teknologi modern.
Knowledge management bagi perusahaan bukanlah hal baru karena pernah dilakukan dalam kegiatan penyampaian pengetahuan antar karyawan, diskusi masalah dan pelatihan skill. Akan tetapi, manajement yang dilakukan tidak secara sistematis dan terorganisir dengan baik sehingga akan mengalami kesulitan dalam pengumpulan knowledge yang sewaktu-waktu dibutuhkan, intensitas transfer antar karyawan dan presentasi terciptanya metode baru untuk penyelesaian masalah menurun.
         PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan di bidang teknologi informasi, berfokus pada pengembangan sistem barcode , wireless dan  mobile computing yang produknya sudah banyak digunakan oleh perusahaan mitra di bidang retail, pabrik, kesehatan, jasa, dan pemerintahan, maka PT. XYZ harus selalu melakukan recovery dan revolution skill serta mewajibkan karyawan menguasai banyak kemampuan seperti bahasa pemograman Asp, Java, Html, Jaringan dan Implementasi perangkat keras untuk meningkatkan kualitas produk sesuai perkembangan trend teknologi. Dalam mendukung hal tersebut perusahaan mengadakan kegiatan knowledge management sepeti diskusi, rapat, training dan voting.
Kegiatan knowledge management memberikan banyak hal positif bagi penunjang kemampuan karyawan, khususnya saat menghadapi permasalahan pekerjaan dan mempermudah karyawan mendapatkan informasi yang wajib diketahui, namun untuk melaksanakan kegiatan tersebut tidak tanpa kendala dan kekurangan.
Karyawan PT. XYZ memiliki jam kerja yang padat, harus mengikuti kunjungan kerja ke perusahaan mitra, terkadang mengambil cuti panjang atau sakit dan menanggung banyak pekerjaan yang segera deadline sehingga sedikit berkesempatan mengikuti kegiatan bertatap muka dalam konsep knowledge management yang diterapkan perusahaan.
     Saat diskusi, rapat, training dan voting berlangsung, PT. XYZ mengeluarkan banyak biaya untuk makan, pengadaan peralatan, membayar uang lembur karyawan dan harus menunggu waktu yang tepat serta menyesuaikan jadwal kerja. Meskipun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan karyawan dan menambah knowledge perusahaan, hal ini tidak akan berlangsung lama karena tidak ada sistem dokumentasi yang terorganisir dan knowledge akan hilang bersamaan dengan karyawan yang memiliki knowledge tersebut mengundurkan diri.
       Dampak sedikitnya proses pemerataan dan pembelajaran knowledge telah dirasakan oleh karyawan PT. XYZ, karyawan merasa memikul beban kerja yang sangar berat karena sulit menemukan solusi masalah, kualitas knowledge yang dimiliki lambat berkembang dan sering tidak mengetahui informasi yang bersifat urgent seperti jadwal kegiatan, berita, voting ataupun diskusi formal dan informal.            
        Berdasarkan uraian dan keadaan di atas menjadikan latar belakang dalam melakukan usulan penelitian yang berjudul “Membangun Knowledge Management System berbasis Website dan Android di PT. XYZ ”.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »