CONTOH SIMULASI GAME SEDERHANA : CAKE MANIA Level Agustust






Pada mata kuliah Modul simulasi, mahasiswa sering diharuskan untuk membuat aplikasi simulasi mengenai antrian berbentuk game, atau aktifitas antrian lainya seperti antrian bandara dan kasir. namun kali ini saya akan menjelaskan contoh simulasi game sederhana Cake Mania.

Cake Mania, merupakan salah satu contoh game yang menggunakan simulasi antrian dan data statistik, salah satu alasan mengapa menggunakan game ini untuk simulasi antrian, karena pada game ini dijelaskan tentang simulasi antrian mulai dari entitas datang hingga selesai servis dengan interarrival dan service time yang menarik untuk dianalisis.

Pada Cake Mania memiliki 12 level yang berdasarkan bulan yang berurutan, dan untuk yang saya simulasikan adalah bulan agustus. ada beberapa tujuan dalam membangun simulasi game cake mania yaittu :
      

1.      Untuk mengetahui entitas apa saja yang ada dalam game ini khususnya pada level agustus
2.      Untuk mengetahui server apa saja yang digunakan di level agustus
3.      Untuk mengetahui service time dan event list dari game ini (pada level agustus)
4.      Untuk mengetahui bisnis rule game cake mania pada level agustus
5.      Untuk mengetahui bagaimana merekonstruksi game pada level agustus



 



Pada Game Cakemania ini memiliki sifat antrian yaitu reneging,dimana apabila waktu tunggu satu entitas habis,maka entitas tersebut akan hilang. Untuk Laporan dan Source Aplikasi Sederhana anda dapat mengunduh di Sini
            
Semoga Materi dan Source yang saya share dapat membantu, apabila anda sudah melihat aplikasi simulasi saya..anda dapat mengeditnya karena design aplikasi ini masih sederhana ,namun alur logika mirip dengan game asli. terima kasih :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »