FAKTA ORANG JERMAN


           Pada postingan blog sebelumnya saya membagikan materi bagaimana belajar bahasa jerman, untuk lebih memahami kita harus mengetahui fakta apa saja yang ada di jerman supaya kita bisa tahu bagaimana rasanya jadi orang jerman. saya sudah mengumpulkan fakta-fakta yang saya cari dari internet dan buku . check and look
- Lelaki di jerman mengkonsumsi daging dua kali lipat lebih banyak ketimbang perempuan. Menurut sebuah survei, lelaki juga tidak memedulikan daging jenis apa yang mereka makan, yang lebih penting adalah rasanya. Hidangan daging paling favorit: Schnitzel. 
- Orang jerman sangat tergila-gila sama roti hingga ada lebih 300 jenis roti di sana...kalo di indonesia kaya sambel kali ya...
- Kalau di indonesia hari minggu adalah hari untuk saatnya beres2 rumah, membersihkan kebun ,bermain dan jalan-jalan belanja..tapi di jerman hari minggu adalah hari tenang dimana toko-toko banyak yang tutup.
- Mengucapkan selamat ulang tahun pada orang Jerman sebelum mereka berulang tahun bisa membuat mereka marah. Mengapa? Bagi sebagian besar orang Jerman, ucapan selamat ulang tahun yang terlalu dini adalah pertanda nasib buruk.  
- Anda sudah menghabiskan satu kue dan ingin tambah lagi. Lalu Anda kebetulan ditanya apakah ingin tambah lagi. Jangan menjawab “Danke” (terima kasih) dengan harapan Anda akan mendapat tambahan kue. Karena dengan mengatakan Danke, Anda akan dianggap mengatakan “Tidak“. Jika Anda ingin makan kue lagi katakanlah Bitte (saya mohon) yang artinya “Ya“.
-  Untuk memesan bir di pub, tradisi memesan penduduk Jerman bukanlah mengangkat jari telunjuk untuk memesan segelas bir, melainkan mengangkat jempol.
Dalam berorganisasi kampus, sekolah, institusi. orang jerman tu ga suka yang namanya rapat. “wasting of time”, sekalinya ada waktu rapat, harus langsung full diskusi dan harus ada kepastian keputusan. Sangat berbeda dengan orang Indonesia, untuk ngurus satu kegiatan, mesti rapat berhari-hari dulu. belum lagi tegang urat adu argumen. semua keputusan hampir bersifat tentativ.
- Bayangkan, bahkan ada rumah khusus pengangguran. Ngga pandang bulu pula, baik itu muda ataupun tua, selama dia pengangguran, dia berhak dpt fasilitas ini. Tp mengingat banyak dari mereka yg berjiwa pemalu, jadi biasanya mereka gengsi tinggal di tempat ini.
- Pakai kaos kaki biar tidak sakit dan keringkan rambut!Pada mulanya, orang Jerman bilang, heran kalau saya dan teman-teman Asia lainnya tidak pakai kaos kaki di dalam rumah. Mengapa? Kata mereka ini bahaya. Kaki yang hangat akan menstabilkan temperatur tubuh sehingga tidak mudah sakit.
- Kebersihan dan kerapian nomor satu, sauber. Pertama-tama, saya sempat kesal dengan sentilan ibu mertua. Bahwa sudut rumah sampai pojok-pojok kaca harus bersih dari debu. Pembersihannya harus rajin dan benar betul. Lambat laun, saya memahami mengapa mereka begitu. Ini demi kesehatan penghuninya, dan segi keindahan jadi lebih menonjol. Tidak messy. Sekali berantakan, dibilang assi alias assusila, tidak berpendidikan.
- tidak ada pembantu, jadi hampir kebanyakan seorang ibu melakukan semua pekerjaan rumah mulai dari beres2,masak dan mengurus anak meskipun mereka memiliki pekerjaan sambilan
Orang jerman sangat disiplin waktu dan jika anda melakukan janji diharuskan datang 5 atau 10 menit lebih awal,,,buang2 deh budaya jam karet kita kalau di sana
- Kebiasaan nebeng juga ada di setiap sudut kota. Ada tempat yang bertanda P&M (Parken und Mitfahren, parkir dan nebeng), di mana orang bisa menumpang gratis. Yang menyetir atau ditumpangi jadi ada teman, yang nebeng bisa irit tak keluar duit.

- Pendidikan Di jerman itu gratis mulai dari SD hingga Universitas bahkan untuk para penduduk non - jerman ,,bukan hanya pendidikan yang gratis tapi kualitas dan fasilitas pendidikan di jerman nomer satu
terdapat sekitar 13.500 program pilihan studi di seluruh Jerman, sekitar 350 universitas yang berkualitas baik, dimana hampir seluruhnya adalah universitas negeri. Informasi ini dapat dipelajari lebih lanjut lewat berbagai situs Studentenwerk di Jerman. Studentenwerk merupakan institusi publik yang melayani kebutuhan mahasiswa-mahasiswa nasional maupun internasional di Jerman. Salah satu situs yang dapat ditelaah lebih lanjut adalah situs Studentenwerk Berlin.
- adanya berbagai fasilitas dan subsidi biaya kuliah dan tempat tinggal yang disediakan oleh pemerintah Jerman, maka biaya hidup dan berkuliah di Jerman pun menjadi relatif lebih murah dibanding tinggal kuliah di Inggris atau Amerika, 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »